RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kurikulum
2013
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas : 5
Tema / Topik : Bermain
dengan Benda-Benda di Sekitarnya
Minggu ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn (IPS)
þ Menunjukkan perilaku cinta tanah
air Indonesia dan bangga terhadap produk
Indonesia
þ Memahami nilai-nilai kesejarahan
kerajaan-kerajaan pada masa Hindu, Budha, dan Islam melalui bacaan atau
pengamatan
Bahasa
Indonesia
þ Gemar menggali informasi melalui membaca
dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin
þ Mendiskusikan tentang organ tubuh manusia
dan fungsinya dan bagaimana menjaga kesehatan
(pencernaan, pernapasan, dan peredaran darah)
þ Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam
membuat suatu karya dan menjelaskan cara kerjanya secara lisan.
Matematika
þ Membuat pola pergeseran tempat duduk
secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas secara
adil
þ Melaporkan hasil pengamatan/melakukan
percobaan menemukan hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa
adanya
þ Mengukur dan menuliskan hasil pengukuran
diameter dan keliling berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil
perbandingannya dan menggunakannya untuk menghitung keliling berbagai lingkaran
þ Mengenal konsep perpangkatan dan
penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Mengenal konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Membuat topeng dari berbagai media
berdasarkan pengamatan karya topeng nusantara
þ Memainkan alat musik ritmis secara
berkelompok dan iringan secara vokal lagu anak-anak dua suara
þ Mengembangkan gerak tari bertema
berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti
þ Membuat karya teknologi sederhana
dengan energi buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Mempraktikkanvariasi dan kombinasi gerak
dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan
atau tradisional
þ Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi
konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional
C. INDIKATOR
PPKn
þ Membiasakan menggunakan produk dalam
negeri
þ Membiasakan mengkonsumsi makanan
tradisional
þ Berperilaku sesuai dengan tradisi
masyarakat sekitar
þ Menunjuk asal barang
dalam peta / globe
þ Membuat tabel benda peninggalan
sejarah yang berisi data dan pendapat yang tepat
þ Membuat daftar peninggalan sejarah di
lingkungan dan disertai gambar yang
sesuai
Bahasa Indonesia
þ Membaca teks yang berisi informasi
tentang barang, makanan, dan tradisi yang ada disekitar
þ Mencatat pokok-pokok informasi dari
sumber yang didengar
þ Membuat daftar benda-benda
berdasarkan sumber yang didengar
þ Menghitung denyut nadi per menit.
þ Membandingan denyut nadi ketika sedang
beristirahat, normal dan sehabis berolahraga.
þ Menunjukkan sifat-sifat cahaya dalam
kehidupan sehari-hari
þ Menunjukkan proses pembentukan bayangan.
Matematika
þ Menentukan benda-benda sekitar untuk
melakukan permainan
þ Membentuk kelompok bermain
þ Membuat pola untuk melakukan permainan
þ Melakukan permainan dengan benda-benda
yang ada di kelas
þ Menggambar berbagai bangun datar
þ Mengidentifikasi benda-benda di kelas
sesuai dengan bangun datar yang telahditentukan
þ Mengukur panjang dan lebar benda-benda yang ada di kelas
þ Mengukur keliling bangun datar
menggunakan benang atau sejenisnya
þ Menghitung keliling bangun datar
menggunakan rumus keliling
þ Membuat jaring-jaring bangun ruang
dengan ukuran yang telah ditentukan
þ Membuat bangun ruang kubus dengan
kertas karton
þ Membuat bangun ruang balok dengan
kertas karton
þ Menentukan volume bangun ruang yang telah dibuat
þ Menghitung volume berbagai bagun ruang
þ Mengukur diameter dan keliling lingkaran
þ Membandingkan keliling benda-benda
yang berbentuk lingkaran dengan diameter yang berbeda
þ Menghitung hasil perpangkatan yaitu
pangkat dua dan tiga
þ Menentukan hasil penarikan pangkat dua
dan tiga
þ Menggambar dan membaca gambar
menggunakan skala dan perbandingan
þ Menghitung panjang sesungguhnya jika
ditampilkan gambar berskala dan jarak tertentu
þ Membandingkan kelompok benda yang satu dengan yang lain
þ Menentukan perbandingan dalam kehidupan
sehari-hari
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menyebutkan benda-benda sekitar yang
dapat dipakai untuk membuat topeng
þ Membuat topeng dengan berbagai media
þ Menghayati karakter tokoh dan
memvisualkan dalam bentuk topeng
þ Menyebutkan berbagai benda di sekitar
yang dapat dibuat sebagai alat musik
þ Memainkan alat musik yang berasal dari
benda-benda sekitar dengan harmonis
þ Membuat gerak dengan mengunakan
properti dari benda-benda di sekitar
þ Membuat property tari dari benda-benda
sekitar
þ Menampilkan tari dengan menggunakan
property dari benda-benda di sekitar
þ Menyebutkan berbagai energy buatan yang
dapat dijadikan karya teknologi sederhana dengan memanfaatkan benda-benda
sekitar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Memperagakan gerak melompat ke depan
þ Memperagakan gerak melompat ke belakang
þ Memperagakan gerak melompat ke samping
kanan/kiri
þ Memperagakan gerak melempar bola ke sasaran
þ Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar menendang dan menahan
bola menggunakan kaki bagian dalam
þ Memperagakan variasi dan kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola
dengan dengan dua tangan dan satu tangan
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran Agama
yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,teman, dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan
yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn (IPS)
þ Perilaku cinta tanah air Indonesia
þ Nilai-nilai kesejarahan kerajaan
Bahasa Indonesia
þ Membaca dan mendengarkan dari sumber
lain
þ Organ tubuh manusia dan fungsinya
dan bagaimana menjaga kesehatan
þ Sifat-sifat cahaya
Matematika
þ Gambar denah
þ Hubungan keliling, luas dan diameter
lingkaran
þ Menuliskan hasil pengukuran diameter
dan keliling berbagai lingkaran dalam tabel dan menemukan hasil perbandingannya
dan menggunakannya untuk Menghitung keliling berbagai lingkaran
þ konsep perpangkatan dan penarikan akar
bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
þ Konsep perbandingan dan skala
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Topeng dari berbagai media berdasarkan
pengamatan karya topeng nusantara
þ Alat musik ritmis secara berkelompok dan
iringan secara vokal lagu anak-anak dua suara
þ Gerak tari bertema berdasarkan gagasan
dan imajinasi dengan menggunakan properti
þ Karya teknologi sederhana dengan energi
buatan yang menimbulkan gerak atau bunyi
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan
atau tradisional
þ Variasi dan kombinasipola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a
menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa
mengenai kegiatan piket yang telah
dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan
kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan
dibelajarkan .
|
10 menit
|
Inti
|
Minggu Pertama
þ
Membiasakan berdoa sebelum dan
sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
þ
Membawa atau membuat makanan
khas daerah untuk dimakan bersama
þ
Membaca teks yang berisi
informasi tentang barang, makanan, dan tradisi yang ada disekitarnya
þ
Membuat daftar makanan yang
berasal dari berbagai daerah di Indonesia
þ
Membuat daftar tarian
tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia
þ
Membuat daftar alat musik
tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia
þ
Menyebutkan berbagai tradisi
yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia serta menuliskan fungsinya
þ
Membuat peta Indonesia dan menempelkan nama makanan, tarian dan alat musik tradisional
yang telah disebutkan, serta mengenali
nama-nama ibu kota darimana makanan/tarian/alat musik itu berasal.
þ
Membiasakan menggunakan
benda-benda produk Indonesia
þ
Mencatat dan mengukur panjang,
lebar, dan tinggi benda-benda yang ada di kelas menggunakan satuan ukur baku
þ
Mencatat pokok-pokok informasi
yang didapat dari sumber teks yang berisi informasi tentang dan barang,
makanan, tarian, alat musik dan tradisi yang ada disekitarnya
þ
Mendiskusikan tentang alat
musik tradisional ritmis dan melodis yang berasal dari salah satu daerah di
Indonesia (gendang atau tabuh, suling dan rebab)
þ
Mengidentifikasi alat musik
ritmis dan melodis dari benda-benda sekita
þ
Memainkan alat musik campuran
(melodis dan ritmis dengan menggunakan benda-benda sekitar)
þ
Memanfaatkan benda-benda di
sekitar untuk kegiatan / aktivitas jasmani, misal berlari, senam,bermain bola
besar dan bola kecil. Misalnya bangku untuk senam, bambu untuk berlari dan
melompat, tali untuk senam, palang besi / bambu untuk senam.
þ
Melakukan pergeseran segera sesuai dengan
instruksi hitungan
|
150 menit
|
Penilaian proses:
þ
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
tugas.
þ
Menilai kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
þ
Menilai dengan lembar pengamatan
perilaku.
|
||
þ
Gambar-gambar untuk Example
non Example
Kelompok gambar kebersihan
kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan
debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan
rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel
lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat
tidur
·
Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
kampung
·
Gambar kegiatan membersihkan
selokan
·
Gambar kegiatan membersihkan
sampah di jalanan
·
Gambar kegiatan membuang
sampah
·
Gambar kegiatan merawat
tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan,
ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan
membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan)
akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari
sikap bertanggung jawab.
|
||
þ
Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan
dengan tema yang sedang dipelajari.
þ
Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
þ
Memberi kesempatan kelompok lain
untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
||
þ
Mengajak semua siswa berdiri dan
menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah”
untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan
lagu
·
Memberi contoh sikap yang
benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam
menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi,
semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
||
þ
Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak
sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit.
Dsb
|
||
þ
Menugaskan siswa untuk bercerita
(berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
||
Guru Mengamati cara siswa
dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
||
þ
Guru dan siswa bersama-sama
siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
|
||
þ
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
||
þ
Dilanjutkan dengan menasehati
siswa agar membiasakan hidup sehat
|
||
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
þ
Mengajak semua siswa berdo’a
menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
|
||
·
Mengamati sikap siswa dalam
berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan
berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Barang-barang di rumah dan sekolah,
þ buku sumber yang relevan,
þ Diri sendiri
þ Olahan makanan atau tradisi setempat
þ Gambar benda-benda sekitar,
þ daftar tabel benda bersejarah,
þ Alat peraga melompat dan melempar
þ Meteran
þ Stop Watch
þ Bendera kecil
þ Bola tangan
þ Peluit
I. PENILAIAN
þ Unjuk kerja dalam mengukur dan ketepatan
dalam mengukur
þ Teknik pembuatan bangun datar dan
ruang
þ Penilaian produk bangun datar dan
ruang
þ Produk peta wilayah Indonesia yang menggambarkan daerah dari mana
makanan, tarian atau alat musik tradisional tersebut berasal
þ Penilaian diri dalam menggunakan
produk tradisional
þ Tes tertulis atau lisan: menuliskan pokok-pokok informasi dan membuat
tabel benda-benda disekitar.
þ Kekompakan pada permainan pergeseran
dan cara bergeser antar peserta dan kecepatannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar