RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kurikulum 2013
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Hidup Rukun
Petemuan ke : 4
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
þ
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
þ
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
þ
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
þ
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
PPKn
þ Menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah
Tuhan
Bahasa
Indonesia
þ Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat
digunakan untuk mempersatukan bangsa
þ Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa
(sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
þ Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
Matematika
þ Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan
kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang,
berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah,
atau tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
þ Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
þ Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam
berkarya, bernyanyi, dan menari
þ Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan
sekitar melalui berkarya
C. INDIKATOR
PPKn
þ Menyebutkan sikap menghargai
keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
þ Menyebutkan sikap menghargai
keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di
sekolah.
þ Menjelaskansikap kebersamaan dalam
keberagaman di rumah.
þ Menjelaskan beberapa suku teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan
anggota keluarga
þ Mulai terlihat senang menggunakan bahasa
Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
þ Bersikap khusuk (menjaga keheningan)
dalam mendengarkan doa
þ Mengambil sikap duduk atau berdiri
dengan berdiam diri
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang
didengar pada saat berdoa sendiri
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan
jelas
þ Melafalkan kata-kata teks doa dengan
intonasi yang sesuai
þ Mengucapkan sapaan yang sesuai
þ Mengucapkan terima kasih secara tepat
þ Mengucapkan maaf secara tepat
þ Menanya sesuatu kepada orang lain
þ Mendengarkan penjelasan
þ Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan,
tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
þ Memberi makan dan membersihkan hewan
piaraan serta tidak menyakiti.
þ Menyebutkan hal-hal yang dikandung
dalam pesan pendek
þ Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan
þ Membedakan pernyataan pemberitahuan dan
pernyataan larangan
þ Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
þ Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik
dalam teks
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks
yang diperdengarkan
þ Menyebutkan hal-hal menarik yang
terdapat dalam syair lagu
þ Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi
syair lagu
þ Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
þ Menceritakan pengalam yang tidak
menyenangkan
þ Mengemukakan hal-hal yang diminta secara
runut
þ Mengemukakan kejadian yang dialami secara
lancar
þ Melafalkan kata dengan artikulasi yang
jelas
þ Berbicara dengan suara dengan volume
suara yang enak didengar
þ Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
þ Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan,
misalnya makanan dan air
þ Menyiram atau memupuk tumbuhan
þ Memberi makan hewan peliharaan
þ Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak
disiram dalam waktu lama
þ Menceritakan akibat bila hewan tidak
diberi makan dalam waktu lama
þ Menggambar tumbuhan atau hewan
þ Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu)
pada waktu siang dan malam hari
þ Menceritakan aktifitas siswa pada siang
waktu dan malam hari
þ Membedakan aktifitas makhluk hidup pada
waktu siang dan malam hari.
þ Menyebutkan nama-nama kenampakan alam
seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan
tempat tinggla dan sekolah
þ Bercerita tentang kelestarian alam yang
berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang
benar
þ Memegang teks bacaan dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya
yang terang
þ Berposisi duduk secara benar
þ Meletakkan buku dengan jarak mata yang
benar
þ Memegang pensil dengan tepat
þ Membalik halaman buku dengan benar
þ Memilih tempat membaca dengan cahaya
yang terang
Matematika
þ Menyebutkan dan menuliskan daftar
kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang
dimiliki ke bentuk tabel
þ Menyebutkan atau menjelaskan serta
mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif
dan hemat di sekolah dan di rumah
þ Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan
atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
þ Menghitung jumlah uang yang terbuang dari
makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
þ Bertindak hemat dalam mengelola uang
melalui menabung atau cara lainnya
þ Menjelaskan atau menceritakan pengalaman
beramal yang pernah dilakukan
þ Menceritakan manfaat beramal bagi diri
sendiri dan orang lain
þ Menghitung jumlah uang terkumpul dari
kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas
þ Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang
digunakan sehari-hari
þ Menaksir harga barang yang digunakan
sehari-hari
þ Menukar berbagai nilai pecahan uang
dengan sejumlah uang pecahan lainnya
þ Menjelaskan berbagai pilihan
barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menjelaskan alasan memilih
barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
þ Menentukan kembalian uang dari praktek
permainan jual-beli barang dengan berbagai cara
þ Menceritakan kembali masalah
sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda,
atau penggunaan uang
þ Menggambarkan masalah sehari-hari yang
sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
þ Menulis model/kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang
þ Menentukan penyelesaian dari kalimat
matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak
suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Menyebutkan alat-alat kebersihan yang
digunakan untuk membersihkan kelas
þ Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di
halaman sekolah
þ Membuat daftar piket kelas
þ Menyebutkan apa yang perlu dilakukan
sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan sebelum
Mempraktikkan aktivitas fisik
þ Menyebutkan apa yang dihindarkan setelah
Mempraktikkan aktivitas fisik
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
þ Mempraktikkan variasi gerak berjalan
þ Mempraktikkan variasi gerak berlari
þ Mempraktikan variasi gerak melompat
þ Mempraktikkan variasi gerak mengayun
þ Mempraktikkan variasi gerak menarik
þ Mempraktikkan variasi gerak memutar
þ Mempraktikkan variasi gerak menekuk
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Menunjukkan sikap percaya diri dalam
mengekspresikan karya
þ Memperlihatkan sikap tanggung jawab
terhadap pemanfaatan benda di alam sekitar
þ Memprakarsai sikap peduli terhadap
lingkungan sekitar dengan merapikan setelah bekerja
þ Menyebutkan pola irama lagu bertanda
birama tiga
þ Menyebutkan pola bervariasi
þ Menyebutkan pola irama rata
þ Membedakan pola irama lagu bertanda
birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
þ Menyebutkan alat-alat musik ritmis
sederhana
þ
Mengenal judul lagu dan iringannya
þ Menunjukkan aneka bahan di lingkungan
yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif boneka
þ Mengumpulkan bahan yang terdapat di
lingkungan untuk membuat boneka
þ Menyanyi dengan tepuk irama
þ Menyanyi dengan tepuk birama
þ Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan
makna
þ Membaca syair lagu dengan ucapan yang
jelas
þ Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
þ Merancang karya kreatif boneka yang
dihasilkan dari bahan di lingkungan sekitar
þ Memotong pola dari bahan di lingkungan
sekitar untuk dibentuk menjadi boneka sesuai rancangan
þ Menyusun pola menjadi karya kreatif
boneka
þ Menilai karya boneka diri sendiri dan
orang lain
D. TUJUAN
þ Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
þ Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,teman, dan guru
þ Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkanrasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumahdan di sekolah
þ Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas danlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan
yangmencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
þ Dengan mengamati
kegiatan sehari-hari, siswa dapat
berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
þ Dengan mengamati contoh sikap perilaku
patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh
di sekolah.
þ Contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
þ Dengan mengamati kegiatan sehari-hari
siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
þ Dengan menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa & Lihat Kebunku
dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air.
Bahasa Indonesia
þ Sikap khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
þ Sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
þ Sikap senang menggunakan Bahasa Indonesia
dalam mengungkapkan isi pikiran kepada teman, Guru dan orang lain.
þ Mencontoh kata-kata dalam doa yang
didengar pada saat berdoa sendiri
þ Lafal teks doa dengan jelas
þ Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang
sesuai
þ Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci
tangan.
þ kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu :
main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup,
udara dan lingkungan bersih.
þ lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Nama-nama tempat dalam cerita
þ Urutan peristiwa
þ Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu :
main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup,
udara dan lingkungan bersih.
þ Lingkungan sehat dan tidak sehat
þ Kalimat yang didiktekan guru dengan
pemisahan kata yang tepat
þ Posisi duduk secara benar
þ Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
þ Teks bacaan dengan tepat
Matematika
þ Dengan menuliskan
daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain
yang dimiliki ke bentuk tabel siswa dapat mengetahui daftar kebutuhannya
þ Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa
dapat memilih jenis tas, wadah atau
tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan
beratnya
þ Dengan mengamati benda siswa dapat
menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
þ Praktik aktifitas fisik seperti membersihkan
kelas dan halaman
þ Praktik gerak mengayun, menari, berjalan,
berlari, menekuk, memutar dan melompat.
Seni, Budaya, dan Prakarya
þ Kepekaan terhadap keindahan alam hasil
ciptaan Tuhan dengan cara mengekspresikan diri memainkan alat musik ritmis.
þ Keindahan-keindahan alam dan karya seni
sebagai anugerah Tuhan
þ Lingkungan sekitar secara seksama
þ Cara merawat lingkungan sekitar secara
sadar
þ Kepedulian pada alam lingkungan
sekitar dengan berkarya
þ Lagu
Lihat Kebunku
þ Dapat membedakan pola irama
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Mengajak semua siswa berdo’a
menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
þ
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
þ
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
þ
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT
PAGI GURU”
þ
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
þ
Meminta informasi dari siswa
mengenai kegiatan piket yang telah
dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan
kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
þ
Menginformasikan Tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang “HIDUP RUKUN”
|
10 menit
|
Inti
|
·
Peserta didik dalam kelompok bercerita tentang sikap hidup hemat energy
dibantu dengan media gambar
·
Peserta didik mencatat contoh sikap hemat energy
·
Peserta didik mempraktekan sikap hemat energy dalam kelas dan dalam
kehidupan sehari-hari
·
Peserta didik menceritakan sikap
dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan sikap hidup hemat energy secara
runut
·
Peserta didik menuliskan kalimat yang berhubungan denga hemat energy
dengan tulisan tegak bersambung
·
Peserta didik menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan
·
Peserta didik berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan
dengan penjumlahan dan pengurangan
·
Peserta didik berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
·
Peserta didik berdasarkan cerita menyelesaikan kalimat matematika dan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
·
Peserta didik peserta didik membuat hasil karya dengan mengolah bahan
buatan di lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, tempel
·
Peserta didik menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
Perkalian dan pembagian
·
Peserta didik berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan
dengan perkalian dan pembagian
·
Peserta didik berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
·
Peserta didik berdasarkan cerita menyelesaikan kalimat matematika dan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
·
Peserta didik melakukan kegiatan berlari dan melakukan gerakan melayang
seperti burung, gerak mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, dan tolakan
·
Peserta didik secara individu menyampaikan kegiatan sehari-hari secara
runut
·
Peserta didik dalam kelompok mengemukakan kejadian yang dialami secara
lancar dengan artikulasi yang jelas,
dan volume yang enak didengar
·
Peserta didik menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
·
Peserta didik berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan
dengan waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan
uang
·
Peserta didik berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, panjang benda, jarak suatu
benda, berat benda, dan penggunaan uang
·
Peserta didik berdasarkan cerita menyelesaikan kalimat matematika dan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda,
dan penggunaan uang
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
þ
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
þ
Mengajak semua siswa berdo’a
menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
|
||
·
Mengamati sikap siswa dalam
berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
·
Apabila ada siswa yang kurang
benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan
berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
þ Diri anak
þ Lingkungan keluarga
þ Lingkungan sekolah
þ Buku Tematik Kelas 2
þ Buku Pengembangan Diri Anak
þ Video/slide/gambar tentang teknik
cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
I. PENILAIAN
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes
tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
·
Penilaian Kinerja
·
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar