RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Kurikulum 2013
SatuanPendidikan : ................................
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaranke : 1
Alokasiwaktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan Masyarakat.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5 Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
C.
INDIKATOR
PPKn
1.
Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
2. Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3. Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
1.
Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk
tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
1.
Menyanyikan lagu
“Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
1.
Mengolah
informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
D.
TUJUAN
1.
Setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang
ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.
Setelah membaca
teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta
pikiran dengan benar.
3.
Setelah mencari
informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
dengan benar.
4.
Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.
Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang
sesuai.
E.
MATERI
1.
Peta budaya (ada
di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah
adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
2.
Teks “Mengenal
Suku Minang”.
3.
Ciri khas daerah
dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa,
upacara adat, dan lain-lain).
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
-
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
-
Pembacaan Teks Pancasila.
-
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
-
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
-
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang
relevan.
-
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan
pembelajaran serta menyapa anak.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat,
rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
-
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
-
Guru berkeliling untuk mengetahui apakah ada siswa
yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
-
Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri
atas 5 siswa).
-
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
-
Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
-
Siswa mengambil informasi penting dari teks yang
dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
-
Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan
temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
-
Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya,
siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya,
guru secara klasikal mengajukan pertanyaan berikut:
−− Dari manakah asal daerah kalian?
−− Apakah ciri khas daerah asalmu?
Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di
kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas
daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi
(bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
|
150 menit
|
Penutup
|
-
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari
ini.
-
Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari,
kesulitan yang mereka alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih
lanjut.
-
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan
mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
-
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan
informasi dari siswa lainnya.
-
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman
budaya bangsa.
-
Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia.
-
Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton
televisi, atau membaca buku.
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
-
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang
keberagaman di Indonesia melaluiinternet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih
memiliki kesulitan dalam memahami
peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara
kelompok atau individu selama 30 menit.
|
15 menit
|
Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1.
Beri siswa peta pikiran kosong.
2.
Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas di
lingkaran tengah.
3.
Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap
lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak,
Lingkungankeluarga, danLingkungansekolah.
·
BukuPedoman
Guru Tema 1Kelas 4danBukuSiswaTema 1Kelas 4 (BukuTematikTerpaduKurikulum 2013,Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan, 2013).
·
BukuPengembanganDiriAnak.
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/gambar tentang Keberagaman
Budaya Bangsa Indonesia.
H.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format
pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai
dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar
dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar